Skip to main content

CARA MEMBUAT MASTER CETAKAN FIBER GLASS

Pembuatan master cetakan
Membuat master cetakan merupakan langkah awal dari pembuatan fiberglass. 

Ada dua pilihan bahan yang akan digunakan untuk membuat master cetakan, yakni bahan dari gips dan bahan dari fiberglass. Masing- masing bahan master cetakan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan. 

  1. Pembuatan master cetakan dari bahan gips akan lebih mudah dikerjakan, dan saat pelepasan fiberglass hasil dari master cetakannya mudah dilakukan, bahkan dapat dilakukan dengan merusak master cetakannya. Di samping itu harganyapun relatif lebih murah. Kekurangannya adalah konstruksinya rapuh dan hanya dapat dipakai sekali saja. 
  2. Untuk bahan master cetakan dari fiberglass memang harganya lebih mahal. Di samping itu proses pembuatan master cetakan dan proses pelepasan fiberglass hasil dari master cetakan lebih sulit dikerjakan. Kelebihannya adalah konstruksinya lebih kuat/tidak mudah patah dan master cetakannya dapat dipergunakan beberapa kali. Oleh karena itu, dalam membuat master cetakan pembuat fiberglass kebanyakan orang lebih senang menggunakan bahan dari fiberglass juga.

Contoh cetakan yang juga berbahan fiber glass

Dengan demikian kali ini yang akan dibahas di sini adalah membuat master cetakan dari bahan fiberglass. Proses pembuatannya sebagai berikut :

  1. Membuat mal cetakan Membuat mal cetakan dapat dilakukan dengan cara membuat tutup bumper dengan kertas karton yang ukuran dan bentuknya sama persis dengan ukuran dan bentuk aslinya. Apabila tersedia bentuk asli tutup bumper (tentunya yang sudah tidak terpakai), maka bentuk asli tutup bumper ini dapat dimanfaatkan sebagai mal.

    Contoh bumper bekas
  2. Melapisi mal tersebut dengan PVA atau mirror.Apabila bahan ini tidak tersedia maka dapat menggunakan cairan pembersih lantai.
  3. Menyiapkan wadah sebagai tempat adonan fiberglass berupa kaleng bekas oli atau kaleng bekas cat, yang penting keadaannya bersih.
  4. Membuat adonan fiberglass dengan cara mencampur jadi satu talk, resin, dan katalis. Aduk dengan cepat bahan-bahan ini hingga merata, kalau kelamaan dapat mengeras duluan.
  5. Selanjutnya adonan fiberglass diulaskan dengan cepat pada mal sebelah luar dan ditunggu sampai kering. Agar cepat kering dapat dijemur di terik matahari.
  6. Memasang/menempatkan mat pada permukaan lapisan adonan fiberglass. Ukuran mat menyesuaikan bentuk mal.
  7. Menyiapkan adonan fiberglass lagi, dan diulaskan kembali di atas lapisan mat dengan cepat serta ditunggu sampai kering.
  8. Apabila lapisan fiberglass sudah kering, master cetakan dapat dilepas dari mal-nya dan siap digunakan sebagai cetakan fiberglass.Agar dapat dihasilkan kualitas fiberglass yang kuat, campuran bahan untuk master cetakan harus lebih tebal daripada fiberglass hasil, yaitu sekitar 2 – 3 mm atau dilakukan 3 – 4 kali pelapisan.  
SELAMAT MENCOBA!!

sebelumnya :

CARA MEMBUAT semua BARANG semau anda DARI FIBERGLASS

 

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Kecambah Kacang Hijau

Saya akan berbagi tips mengenai cara membuat  kecambah kacang hijau  agar kita tidak harus membeli kecambah kacang hijau di pasar karena kecambah kacang hijau bisa kita buat sendiri dan caranya pun sangat mudah. Bahkan mungkin anda mendapatkan ide untuk berwirausaha. Silahkan anda baca cara membuat kecambah kacang hijau berikut ini :

Cara Membuat Ragi Tape

Lupakan penjelasan ilmiah tentang mikroba dan proses fermentasi, berikut ini adalah cara sederhana untuk membuat ragi tape untuk anda sendiri, sekedar untuk uji coba atau dijual terserah anda. Bagaimana cara membuat Ragi Tape itu ? Bahan  : Tepung beras 1 kg lengkuas (laos) 25 gram bawang putih 2 siung ubi kayu 1 ons jeruk nipis 1 buah gula pasir 10 gram air bersih 1 liter